-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Dialog Publik Sulteng Negeri Seribu Megalit, Gubernur : Pembangunan Infrastruktur Jalan Menjadi Prioritas Utama

Sabtu, 07 Oktober 2023 | Oktober 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-07T14:25:54Z

 

Palu, jejaksulteng.com - Sulawesi Tengah - Pemerintah provinsi Sulawesi tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menggelar dialog publik Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit yang hadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura. Berlangsung, di Warung Kopi Harapan Selvi, Jl. Pramuka. Jumat, (6/10/2023)


Turut mendampingi Gubernur ; Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulteng Muharam Nurdin, Kadis Kominfo Santik Sudaryano R. Lamangkona 


Dialog publik ini dihadiri pejabat eselon II, pejabat eselon III, wartawan media cetak, elektronik dan online.


Dalam dialog tersebut, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan bahwa sejak dahulu, Sulawesi Tengah sudah memiliki peradaban dunia yakni, Megalit yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu, yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Sehingga kawasan Megalit yang ada di Sulawesi Tengah ini juga di sebut-sebut sebagai dunia Atlantis yang hilang.


"Saya, yakin dan percaya bahwa Sulawesi Tengah ini memiliki peradaban tertua di Indonesia yang diperkirakan berusia 3000 sampai 5000 sebelum masehi. Dan kemarin, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin telah meresmikan soft launching Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit." ucap Gubernur 


Gubernur juga menjelaskan, akan membangun infrastruktur utamanya akses jalan menuju lokasi megalit yang berada di lembah bada, lembah napu dan lembah besoa. Sehingga, memudahkan para wisatawan berkunjung ke kawasan Megalit. 


"Saya sudah melakukan koordinasi dengan para bupati-bupati untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan menuju lokasi megalit."ujar Gubernur 


Lebih lanjut, ia mengatakan, nantinya setelah pencanangan akan di gelar seminar nasional dengan menghadirkan para ahli-ahli dunia dan seminar pariwisata tentang kawasan Megalit.


Gubernur berharap, pencanangan Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit dapat memberikan efek terhadap peningkatan viskal daerah melalui sektor pariwisata, sosial budaya dan ekonomi. 


Selanjutnya, Iksam selaku Arkeolog Sulawesi Tengah mengatakan, ditahun 2023, genap 131 tahun berita keberadaan Megalit di Sulawesi Tengah diumumkan seluruh dunia. Pada tahun 1892 Albert Cristian Cruyt menulis temuan megalitik yang ada dilembah palu, kulawi dan  lore. Kemudian, peneliti dari Indonesia juga melakukan penelitian pada tahun 1976 dan menuliskan dalam sebuah buku pada tahun 1980. 


"Yang mengatakan kita tua itu, bukan dari penelitian arkeologi, tetapi dari ahli-ahli pertanian, di tahun 2006 para peneliti dari Storma yang meneliti di wilayah  Lore tengah dengan mengambil sampel di situs pokekea, didapatlah serbuk sari padi purba yang berumur delapan ribu tahun yang lalu."kata Iksam dalam paparannya 


Iksam juga mengungkapkan, pada 1 Agustus 2023, pemerintah daerah Sulawesi Tengah bersama sebelas Pemda se-Indonesia diundang untuk mempresentasikan potensi budaya ke warisan dunia, dan dari sebelas provinsi yang di undang, 7 provinsi yang di tolak oleh UNESCO, ada 4 provinsi yang diterima yakni, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur imur, Maluku dan Sulawesi Tengah. 


"Kita bersyukur, bisa masuk dalam empat provinsi untuk mempresentasikan megalitik Lore Lindu menjadi warisan dunia."ungkap Iksam 


Setelah pencanangan, Pemda Sulawesi Tengah melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng akan menerima rekomendasi dari UNESCO.


Sebelumnya, Gubernur Rusdy Mastura telah menandatangani penetapan cagar budaya dari tingkat kabupaten ke tingkat provinsi. Ada 20 situs cagar budaya yaitu, 14 terletak di Kabupaten Poso dan 6 situs di Danau Lindu.


Untuk itu, Iksam berharap, setelah mendapatkan rekomendasi dari UNESCO, Gubernur dapat membentuk Tim Terpadu Megalit Lore Lindu


Terakhir, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona selaku moderator menyimpulkan bahwa dari aspek usia, Megalit yang ada di Sulawesi Tengah berusia sekira 3000 hingga 5000 tahun Sebelum Masehi, berdasarkan hasil penelitian para ahli. 


Melalui percanangan ini gubernur berharap, nantinya dapat menghasilkan tulisan yang baku dan menjadi referensi. Karena saat ini, banyak tulisan-tulisan yang tersebar yang di tulis berdasarkan inisiasi pribadi para peneliti, baik berskala lokal, nasional maupun internasional. 


"Dari tulisan-tulisan itulah akan dihimpun menjadi tulisan baku dan dilakukan penyusunan baru sehingga menghasilkan tulisan yang baku dan baru untuk menjadi referensi." Jelas Sudaryano 


Selanjutnya, Sudaryano juga menyampaikan, sesuai perintah Gubernur saat melaksanakan rapat koordinasi, akan dilakukan penyusunan Rencana Aksi Daerah terkait pengembangan kawasan Megalit, agar ber kesesuaian dan saling mendukung dengan kawasan Cagar Biosfer dunia yaitu, Lore Lindu yang telah di tetapkan oleh UNESCO. 



Sumber : Dinas Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini