-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Pemprov. Sulteng Peringati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023.

Jumat, 08 Desember 2023 | Desember 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-09T07:22:14Z

Palu, jejaksulteng.com - Sulawesi Tengah - Gubernur diwakili Wakil Gubernur Ma'mun Amir membuka secara resmi Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 dengan tema "Bersatu dalam Aksi Menyelamatkan dan Mencapai SDG (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) untuk, dengan dan oleh Penyandang Disabilitas". Bertempat, di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng. Sabtu, (9/11/2023)


Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, Dinas Sosial Provinsi Sulteng, BPJS Kesehatan dan Komunitas Disabilitas Provinsi Sulteng. 


Turut mendampingi Wagub yakni ; Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Sitti Hasbiah N. Zaenong, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng Yudiawati Vidiana dan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulteng Tenny C. Soriton.


Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Ma'mun Amir membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan, Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) adalah wujud pengakuan terhadap eksistensi dan peneguhan komitmen bersama untuk membangun kepedulian kepada penyandang Disabilitas.


"Atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, saya menyambut baik dan mengapresiasi peringatan HDI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023"kata Wagub 


Menurutnya, tema yang diangkat pada Peringatan HDI Tahun 2023 ini, mencerminkan semangat untuk brlerjuang bersama-sama dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.


"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dan berkomitmen atas pelaksanaan kegiatan ini."jelasnya


Wagub juga mengingatkan bahwa penyandang disabilitas bukanlah penerima belas kasihan atau tanggungan sosial, tetapi mereka adalah individu yang memiliki potensi dan kontribusi yang berharga bagi masyarakat. 


Untuk itu, Wagub berharap, kegiatan ini dapat menjadi acuan dan inspirasi bagi design program kebijakan pembangunan disabilitas yang inklusif, yang mencerminkan visi dan misi "Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju". 


Sebelumnya, dalam laporan Kadis Pendidikan Provinsi Sulteng Yudiawati menyampaikan bahwa setiap tanggal 3 Desember, diseluruh dunia diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional (HDI).


Yudiawati juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan yaitu ; meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat terhadap hak-hak, tantangan dan potensi penyandang Disabilitas, menekankan pentingnya kesetaraan dan penghargaan terhadap keberagaman.


Lanjut, memberdayakan dan memberikan dukungan terhadap komunitas penyandang Disabilitas serta mendorong penuh partisipasi  dalam kehidupan masyarakat dan menyediakan pendidikan dan informasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis Disabilitas, tantangan yang dihadapi, mendukung Inklusi serta aksebilitasi. 


"Jumlah peserta dalam pelaksanaan kegiatan terdiri dari, 12 SMP, 8 SMA/SMK, penyelenggara inklusi khusus Kota Palu dan Kab. Sigi sebanyak 80 orang, 2 SLB dan 5 SMA/SMK penyelenggara inklusi Kab. Sigi sebanyak 25 orang, SLB Negeri Dalaka Kab. Donggala sebanyak 6 orang. SLB Negeri Parigi, Kab. Parigi Moutong sebanyak 10 orang" sebutnya 


Diakhir acara, dilakukan penyerahan bantuan kepada penyandang Disabilitas berupa ; kursi roda, kaki palsu, tongkat. Selain itu, penyerahan bantuan uang untuk pangan, penyerahan hadiah pemenang lomba, siswa berprestasi, doorprize dan lain-lain.


Turut hadir ; Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sulteng, Kepala BPJS Cabang Palu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu, Ketua  Basnaz Provinsi Sulteng, Kepala Kantor Pos Cabang Palu, Organisasi Penyandang Disabilitas Provinsi Sulteng, Kepala Sekolah, Guru dan Mitra Kerja. 


Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini