-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Pemprov. Sulteng Gandeng Untad Lakukan Riset dan Inovasi di Bidang Kajian Ilmiah

Senin, 27 November 2023 | November 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-27T10:57:55Z

Palu, jejaksulteng.com - Sulawesi Tengah - Gubernur Rusdy Mastura bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov. Sulteng melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Universitas Tadulako. Bertempat, di Aula Kedokteran Untad. Senin, (27/11/2023)


Pertemuan ini dihadiri ; Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng, Wakil Rektor, Guru Besar Untad, Dekan, Pejabat Akademik dan Struktural Untad, Dosen, Civitas Akademik, Mitra Kerja serta pejabat terkait lainya.


Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura mengatakan, Sulawesi Tengah adalah daerah yang indah dan kaya dengan 8 (Delapan) jenis komoditi tambang unggulan, terutama nikel yang pada saat ini bernilai tinggi di pasaran dan sangat diminati investor.


"Kita patut bersyukur dan merespon dengan cepat, atas terbitnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibukota Negara, sebagai peluang kita untuk dapat mengoptimalisasi sektor-sektor potensial di Sulawesi Tengah sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN), penyumbang fiskal daerah dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat"jelas Gubernur Rusdy Mastura 


Menurutnya, diperlukan strategi percepatan dan loncatan yang jauh ke depan untuk mengejar ketertinggalan Sulteng dengan daerah-daerah yang sudah lebih dulu maju di indonesia.


Untuk itu,  upaya-upaya tersebut ialah dengan menggandeng universitas tadulako untuk melakukan riset dan inovasi yang hasil-hasilnya dapat dieksekusi oleh organisasi perangkat daerah sesuai tugas dan wewenangnya.


"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran universitas tadulako yang telah menggelar karpet merah kepada pemerintah daerah untuk membangun kerjasama antara institusi akademik dan eksekutif demi optimalisasi pembangunan daerah" 


Melalui kerjasama ini, Gubernur mengharapkan, dedikasi dan kontribusi civitas akademik tadulako untuk melakukan pendalaman dan kajian ilmiah yaitu ; pertama, mengenai perhitungan dana bagi hasil (dbh) yang proporsional bagi fiskal sulawesi tengah, untuk dijadikan bahan laporan kepada pemerintah pusat.


Kedua, mengembangkan komoditi hortikultura unggulan sulawesi tengah seperti kelapa hibrida dan bibit anggur super. 


Ketiga, melakukan inseminasi buatan pada sapi bali, sapi donggala dan sapi limosin.


Keempat, menyelidiki tentang peradaban megalitikum sulawesi tengah yang berusia lebih tua dari piramida mesir, lalu jejak penyebaran islam tertua nusantara yang dibawa imam sya’ban dan juga Wallacea Line (Garis Wallace) yang menginspirasi lahirnya teori darwin.


"Besar harapan kami dengan terjalinnya kerjasama strategis dengan universitas tadulako akan berimplikasi bagi suksesnya gerak cepat membangun Sulawesi Tengah berbasis riset dan inovasi" tambahnya 


Sebelumnya, Amar selaku Rektor Universitas Tadulako, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Rusdy Mastura yang telah melakukan kunjungan kerja di Universitas Tadulako. 


"Ini merupakan sebuah kebanggaan luar biasa bagi universitas tadulako atas kunjungan gubernur sulawesi tengah beserta rombongan opd provinsi sulawesi tengah". Ucapnya


Selanjutnya, Amar juga menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah memiliki banyak potensi seperti ; potensi pertambangan, potensi pertanian, dan potensi energi.


Ia berharap, perlunya kolaborasi dengan pemerintah untuk mengembangkan potensi tersebut untuk menjadi penyanggah IKN.



Sumber : Dinas Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini