-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Empat Isu Strategis Kota Palu

Rabu, 08 Juni 2022 | Juni 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-17T12:10:56Z

  



PALU- Sekertaris Kota Palu, Irmayanti Petalolo menyebut bahwa terdapat empat isu strategis di Kota Palu.

Diantaranya adalah isu sampah. Dimana point pertama tersebut, menjadi persoalan seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Palu.

Kemudian kedua adalah isu limbah berbahaya dan beracun dari Covid-19. Apalagi kurang lebih tiga tahun Covid-19 masih melanda hingga sekarang.

"Tapi Alhamdulillah tingkat penyebaran Covid-19 kita semakin rendah dan masyarakat yang terpapar Covid-19 semakin menurun," ungkapnya saat menjadi narasumber dalam seminar tentang pengolahan sampah, Selasa (7/6/2022) di Swiss Bell Hotel Palu.

Selanjutnya point ketiga adalah isu ketersediaan air bersih. Menurut Sekkot, masyarakat Kota Palu masih membutuhkan air bersih di beberapa titik ataupun wilayah.

"Kemudian keempat, isu pertambangan. Jadi ada empat isu lingkungan di Kota Palu. Isu ini tentu membutuhkan penanganan bukan hanya Pemerintah. Tapi juga keterlibatan dari pihak swasta terutama pihak masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Palu sendiri sudah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menyupport penanganan kebersihan di Kota Palu.

Dimana tahun 2021 kemarin, pihaknya telah melakukan pengadaan 48 unit mobil operasional sampah yang ada di 24 kelurahan dari total 46 kelurahan.

Mobil operasional sampah tersebut, katanya akan mengangkut sampah dari rumah ke rumah. Sehingga Pemerintah Kota Palu saat ini sudah mengurangi jumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Jadi silahkan masyarakat menaruh sampahnya di depan rumah. Nanti ada armada pick-up yang akan mengangkut sampahnya," paparnya.



Sementara itu, bagi kelurahan lain yang belum memiliki armada pick-up, sampahnya akan diatasi oleh armada besar yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu.

Sekkot mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palu saat ini memiliki armada besar kurang lebih berjumlah 40 unit.

Pada tahun ini juga lanjut Sekkot, Pemerintah Kota Palu akan melakukan pembangunan TPS3R hingga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi seperti Universitas Tadulako.

"Universitas Tadulako melakukan KKN Tematik Adipura. Sekarang sudah dua angkatan. Jadi mahasiswa diarahkan untuk melakukan KKN Tematik Adipura," katanya.

Seminar tersebut mengangkat tema "Pengolahan Sampah Berbasis Partisipasi Masyarakat di Kota Palu, Belajar dari Pengalaman Waterplant - Australia." (Red).


×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini